Desain


DAG_design

Dalam dunia DAG, desain sudah semestinya praktis dan aplikatif. Desain harus kembali pada esensinya: memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup manusia. DAG hendak menjadi ruang berbagi informasi ilmu desain praktis dan aplikatif dengan konsentrasi desain berkelanjutan dengan teknologi sederhana (low technology). Dalam dunia DAG desain tak pernah hadir secara eksklusif, desain hadir untuk melayani, desain ada dan berguna bagi yang lain, desain membangkitkan desain yang lain. Kita, desainer adalah inisiator, inventor dan operator dari generator kehidupan ini.

 Dalam dunia DAG, desain harus:

BAGUS: Memiliki nilai ESTETIS – menumbuhkan rasa bangga pada masyarakat namun juga REALISTIS, Melalui RISET bersama masyarakat dan melewati proses REVIEW akademis, Tepat guna secara tata ruang, baik dan sehat bagi penggunanya serta mengedepankan desain berkelanjutan dan ramah lingkungan.

KONTEKSTUAL: Menyesuaikan dengan nilai budaya masyarakatnya – artinya desain yang dihadirkan adalah desain yang merespon dan berkelindan dengan baik aktivitas serta kegiatan sehari-hari masyarakat yang diterangi DAG. Desain DAG tak hendak menjadi eksklusif.

EKONOMIS: Desainn DAG berorientasi pada nilai ekonomis. Berpotensi menjadi lebih murah, tepat cara konstruksi dan efisiensi dalam penggunaan material.